Jumat, 17 September 2010

Saya dan... Saya


Yang namanya manusia pasti bisa, pernah, dan akan (kebanyakan) berubah. Berubahnya mereka (manusia) itu juga pasti berbeda-beda. Ada yang berubah dari segi penampilan (ini yang paling umum), dari segi sifat, kebiasaan, hobi, bahkan muka mereka pun bisa berubah (yang ini biasanya pake operasi). Perubahan yang dialami manusia pun bisa disadari atau tidak disadari oleh si manusia tersebut. Saya, sebagai contoh real dari makhluk bernama manusia, pernah dan nyadar banget akan perubahan yang terjadi di dalam diri saya. Yaahh bolehlah saya cerita-cerita sedikit apa yang berubah dari saya. Inilah ceritanya.

Perubahan yang paling mendasar yang pernah dan sedang terjadi di saya adalah perubahan penampilan pas saya SMA dulu sama pas saya udah kuliah. Dulu, waktu saya masih SMA, saya selalu asoy geboy dengan apapun yang saya pakai. Baju kebangsaan saya pada waktu itu adalah kaos kucel, celana jins, dan sendal jepit atau sepatu kets butut. Saya gak pernah make mek-ap. Saya pake bedak aja itu udah sukur alhamdulillah. Saya gak pernah belanja baju di mall kalo gak di paksa mama atau di beliin kakak saya. Saya adalah pemakai kaos sejati. Saya suka banget beli kaos-kaos yang gambarnya band-band, kaos yang dengan duit 100ribu perak, saya udah dapet 5 baju. Kaos kayak beginian banyak banget dijual di Blok M. Dengan kata lain, Blok M Terminal adalah tempat shopping yang paling saya cintain.

Selain kaos, celana jins yang saya punya juga bukan celana jins bermerk mahal kayak Lee Coper, Levis, Wrangler, Roxy, dan lain sebagainya. Untuk celana jins, saya gak punya tempat langganan. Jujur, celana jins saya susah banget nyari ukuran yang pas di kaki saya. Kalo gak longgar di paha saya, pasti kedodoran di pinggang saya. Walhasil, saya selalu beli celana jins serabutan alias gak tentu dimana. Kalo dapet yang pas (kejadian langka) pasti saya beli. Beginilah nasib orang berbadan kecil (bukan kurus atau langsing ya, tapi kecil). Naaaahhh, kalo masalah sendal jepit atau sepatu kets, ini siih sampe sekarang juga gak ditinggal-tinggalin amat. Saya masih setia dengan mereka berdua. Si sendal jepit, biasanya saya ajak jalan-jalan ke tempat-tempat yang nyantai, kayak ke rumah temen, ke warung, atau belanja sama mama saya. Buat si sepatu kets, dia saya ajak jalan-jalan ke tempat-tempat gaul atau kalau saya lagi jalan-jalan sama temen-temen ke suatu tempat. Perubahan yang terjadi antara saya dan si sendal jepit-sepatu kets dulu dan sekarang adalah intensitasnya. Kalo dulu, mereka itu bagaikan anak kandung saya yang selalu saya sayangi dan menyertai saya kemana-mana, kalo sekarang, mereka itu ibaratnya keponakan saya, yang saya cuma ajak jalan-jalan sekali-kali. Oh iya, yang perlu diingat disini adalah sendal jepit atau sepatu kets saya juga bukanlah sendal jepit atau sepatu kets elite alias tidak mahal. Punya merek, tapi bukan merek terkenal. Untuk si sendal jepit, saya memakai sendal jepit "cap burung". Tapi, ini yg limitid edition karena sendal jepit saya ini warna-warni, yang jarang dimiliki orang. Kalo si sepatu kets, saya make merek yang biasa. Ituloh, sepatu sejuta umat. Pasti tau lah yaaa. Hehehe.

Itulah saya yang dulu. Anak kaos bercelana jins yang ditemani oleh si sendal jepit-sepatu kets. Wah, kalo di inget-inget, penampilan saya dulu pasti hompimpa alaium gembel banget kali yaaaa. Jelas aja (mama) saya kerjanya marah-marah sambil teriak-teriak mulu kalo saya mau pergi kemana-mana. Pasti dalem hati mama saya, yang terselip di teriakannya, adalah "Ya Allah, itu anak saya apa anak jalanan yang nyasar gede di rumah saya yaaa?".

Mungkin kalo dibaca-baca tulisan yang diatas, pasti banyak yang ngirain saya ini cewek tomboy ala koboy yang suka berkonvoi. Kalo ada yang mikir seperti itu, saya benerin pikirannya. Saya bukan cewek tomboy. Saya cewek biasa yang biasa sekali. Perbedaannya saya suka sekali dengan kaos band-band rock. Hal ini tak lain dan tak bukan karena dipengaruhin sama kegemaran saya mendengarkan musik-musik keras berdistorsi (alah, gayak bener nih kata-kata). Ini jugalah yang merupakan perbedaan mencolok saya di waktu saya SMA dengan saya yang sudah kuliah. Dulu, musik untuk saya adalah sesuatu yang bisa ngebakar semangat saya dan membuat adrenalin saya naik. Yang bisa buat saya kebangun, berenergi, dan ceria. Musik yang bisa buat saya merenung untuk hal-hal yang menggembirakan dan menegangkan. Saya tidak suka musik beraliran lembut, bahkan untuk tidur sekalipun. Saya benci musik cengeng yang mellow. Saya alergi dengan musik yang terlalu cinta-cintaan. Itulah musik saya waktu dulu. Penyanyi kesukaan saya gak jauh-jauh dari band-band beraliran rock yang kurang diketahui orang kebanyakan. Playlist saya penuh dengan lagu-lagu yang buat kuping sakit dan mama saya (lagi-lagi) berteriak (bukan teriak ikutan nyanyi, tapi teriak karena stress dengerin musik kesukaan saya). Karena saya suka banget band-band rock, dan kebetulan kaos-kaos mereka ada yg jual (banyak bgt malah), gak heran kalo koleksi kaos bergambar band metal berwarna hitam saya ada segumbrek di lemari saya. Dan gak perlu ditanya juga seberapa banyak nyamuk yang bersarang dilemari saya karena baju saya yang item-item.
Sebenernya, perubahan-perubahan yang saya alami diatas itu cuman perubahan yang biasa banget, yang saya yakin banyak juga orang yang ngalaminnya. Perubahan yang maklum terjadi karena peralihan seseorang dari ABG kemasa dewasa dan juga adanya faktor U. Kata kakak saya, penampilan seseorang emang mesti berubah dan pasti berubah. Gak mungkin gitu-gitu terus dan selamanya sama. Ya kalo mau contoh jelasnya sih, gak mungkin kan kalo ada ibu-ibu yang pake baju kaos gambar band dombrong-dombrong? Kalo gak disangka gak tau umur, pasti dikirain tuh ibu udah agak miring dan gak mungkin juga liat anak umur 5 tahun udah pake baju sobek-sobek (yang trend di kalangan remaja) atau gamis kalo gak mau disangkain orang tuanya udah sarap.
Hal ini sebenernya udah pernah saya diskusiin dengan salah satu teman saya, yang menurut saya penampilannya juga berubah, dari dia baru masuk kuliah sampe sekarang ini. Dia lebih kecewekan, dari yang dulunya agak kecowok-an. Hahhaha. Menurut dia, penampilannya yang berubah dikarenakan lingkungan di sekitarnya. Dia bilang, di sekelilingnya banyak hampir semua cewek-cewek pake baju yang girly dan cewek banget. Mereka perhatian banget sama penampilan mereka. dank arena hal itu gak jelek dan gak ngerugiin, dia memutuskan untuk ngerubah penampilannya juga. Gak drastis sih, tapi cukup keliatanlah kalo temen saya itu emang berubah penampilannya. Jadi, selain faktor umur, lingkungan juga bisa ngebuat penampilan seseorang berubah. Lalu bagaimana dengan saya?
Kalo dikata penampilan saya berubah, perubahan saya itu bukan terutama disebabkan oleh lingkungan atau umur, tapi lebih pada kenyamanan dan kepercayaan diri aja. Satu lagi juga karena mama saya. Kalo masalah kenyamana, saya ngerasa nyaman pake kaos, tapi kenyamanan itu sebatas kenyamanan makenya aja. Tapi saya gak ngerasa nyaman pas saya di kelas. Saya selalu was-was kalo-kalo dosen yang masuk ke kelas adalah dosen yang gak suka liat mahasiswa berkaos ria atau bersendal jepit ria. Dia nuntut mahasiswanya rapih pisan. Walhasil, daripada ketakutan dan khawatiran mulu di kampus, saya memutuskan untuk mengubah penampilan saya kearah yang lebih rapih. Saya berkemeja dan bersepatu. Masalah kepercayaan diri juga begitu. Terkadang, kalo make kaos doang, saya ngerasa diri saya kucel banget. Dengan postur badan yang kurang oke dan kurang tinggi, saya ngerasa jadi mirip apaan gitu. Saya jadi minder dan ngerasa gak pede. Apalagi rambut saya sering acak-acakan. Kesannya saya berantakaaan banget. Nah, karena itu di kala mood saya lagi cakep, dan saya lagi pengen bersusah-payah bergaya, kadang saya ke kampus memakai dress cewek. Hihihi. Ditambah lagi, kata temen saya yang kakaknya berprofesi sebagai penjahit, badan kayak saya ini emang cocoknya pake dress-dress gitu, lebih lucu dan keliatan lebih tinggi. Wahahaha. Alasan terakhir kenapa saya mulai menanggalkan kaos kebanggan saya adalah karena mama saya. Dia suka kesel sama saya yang berkaos ria dan bersendal jepit selalu. Akhirnya beberapa baju saya ada yang diungsiin entah kemana sebagai upaya memendam keinginan saya berdandan rebel ke kampus. Dan sebagai gantinya, dia ngebeliin (kadang ngasi uang) supaya saya beli baju yang lebih layak dan lebih cewek. Si mama saya selalu bilang “bok yak ke kampus tuh yang rapih. Rambut disisir, pake baju tuh yang lucu-lucu, jangan kaosan mulu. Pake tas yang banyak orang pake, itu loh tas yang anak sekarang sukain. Sepatu juga, jangan kets melulu. Kamu tuh cewek apa cowok sih? Bla blabla...” karena saya anak yang berbakti, saya ikutin kata mama saya deh ah. Daripada benjol. Hihi.
Yaah dengan demikian berubahlah saya, dari yang tadinya super duper berantakan dan tidak beraturan, jadi lumayan berantakan dan agak tidak beraturan. Ada dua hal yang pasti dari cerita saya ini. Pertama, berdandan jadi cewek adalah sesuatu yang mahal. Bajunya mahal, harga sepatunya luar biasa ngeselin, dan aksesorisnya pun gak ada yang murah. Murah ada, tapi abal. Setiap saat selaalluu aja ada yang baru. Kalo gak model baju, ya model sepatu. Dan jujur, itu buat saya sesuatu yang agak ngeselin dari berdandan ala perempuan. Hehehe. Hal kedua yang pasti adalah kaos-kaos kebanggan saya, sandal jepit limited edition saya, dan sepatu kets butut kecintaan saya, gak pernah saya tinggalin dan masih tetep jadi nomer 1 buat saya. Mereka masi tersimpan rapih di lemari baju saya (yang banyak nyamuknya) dan di rak sepatu saya (yang banyak laba-labanya). Terus, andaikan beberapa temen saya bilang saya berubah, yang berubah pun hanya penampilan luar saya. Saya masih tetap yang dulu. Cewek biasa yang biasa bgt. Saya masih suka music rock, dengerin radio kenceng-kenceng, belanja di blok M, dan berantakan. Hehe. Kaos hitam, sandal jepit, sepatu kets, selamanya mereka tetap saya. Kaos saya tetap kaos saya. Sandal jepit saya tetap sandal jepit saya, sepatu kets saya tetap sepatu kets saya, dan saya tetap saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

World Clock